Selamat datang di Weblog Nandang Sutisna

Nandang Sutisna adalah pembicara, narasumber dan trainer dalam bidang pengadaan barang/jasa publik baik di lingkungan pemerintah maupun BUMN/BUMD. Nandang telah menjadi narasumber pengadaan barang/jasa dalam ratusan undangan pelatihan, workshop, bimbingan teknis, seminar dan pembahasan masalah pengadaan khususnya yang terkait dengan peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah, strategic procurement, masalah hukum pengadaan barang/jasa dan eProcurement.

Selain menjadi seorang narasumber, Nandang memiliki tugas rutin memberikan bimbingan teknis tatacara pengadaan barang/jasa pemerintah, memberikan advokasi dalam penyelesaian masalah pengadaan, melakukan pendampingan untuk paket pelelangan kompleks, mediasi dalam menyelesaikan permasalahan pengadaan, memberikan keterangan ahli untuk pengadilan Tipikor, KPPU dan Arbitrase dan menjadi Executive Chairman untuk IAPI Expo. Di bidang akademik, Nandang Sutisna juga menjadi pembimbing tugas akhir mahasiswa yang melakukan penelitian di bidang pengadaan barang/jasa dan menjadi dosen tamu di perguruan tinggi.

Nandang Sutisna juga aktif pada organisasi profesi pengadaan, Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) sejak tahun 2011. Kemudian pada tahun 2012 dipercaya menjadi Wakil Ketua Bidang Teknik dan Layanan Masyarakat DPP IAPI. Kemudian pada Tahun 2016 diangkat menjadi Ketua I DPP IAPI periode 2014 - 2017. Selain melaksanakan tugas teknik dan layanan masyarakat, Nandang Sutisna juga menginisiasi pemberian Advokasi/Keterangan Ahli kepada anggota IAPI yang tersangkut masalah hukum dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa, mendorong Industry Katalog untuk BUMN/BUMD dan aktif dalam progam-program modernisasi pengadaan barang/jasa pemerintah dan BUMN/BUMD.

Nandang Sutisna, S.T., M.T.

nandang-sutisna

Public Procurement Trainer & Adviser

email nandang.sutisna@gmail.com
fb www.facebook.com/nandang.sutisna.524
twitter @NandangSutisna
linkedin Nandang Sutisna
wa 0811216663
Testimoni

Saya mengenal Nandang Sutisna sejak masuk sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah, LKPP. Sejak pertama kali, saya melihat Nandang Sutisna sangat antusias untuk mengetahui dan mempelajari permasalahan pengadaan barang/jasa pemerintah yang memang banyak ditangani di Deputi ini. Antusiasme yang dimiliki tidak berhenti pada mengetahui dan mempelajari tapi berlanjut pada menularkan apa yang diketahuinya kepada pihak lain yang banyak datang berkonsultasi ke Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah. Hal-hal yg dikuasainya dalam bidang pengadaan digunakan untuk membantu para pelaku pengadaan dalam menyelesaiakan permasalahan yang mereka hadapi. Namun bilamana Nandang Sutisna menghadapi masalah yang pelik dan belum tahu pemecahannya, dia tidak segan untuk segera bertanya kepada seniornya atau langsung bertanya kepada saya. Pola kerja yang egaliter di LKPP betul-betul dimanfaatkan oleh Nandang Sutisna untuk menggali pengetahuan pengadaan dan memberikan kontribusi secara terbuka ke rekan kerja di LKPP dan para pelaku pengadaan.

Semoga potensi yang ada pada Nandang Sutisna yang cepat belajar dan tanggap dapat membantu mewujudkan pengadaan yang kredible.

Ir. Djamaludin Abubakar, M.Sc.
Mantan Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP

Supportif dan terbuka. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan sikap yang menonjol dari seorang Nandang Sutisna. Rasanya saat ini, sikap ini masih sedikit dapat dijumpai di kalangan pegawai negeri. Sikap ini saya rasakan telah mewarnai kiprah profesionalitasnya di bidang pengadaan

Ir. Ikak G. Patriastomo, M.SP.
Ketua Umum IAPI/Inisiator eProcurement Indonesia

Saya penuh harapan kepada seorang Nandang Sutisna, sang pekerja keras dan disiplin tinggi serta bertanggung jawab akan meraih sukses menuju puncak karir. Didukung dengan sikap ramah, sopan, mudah bergaul dan rendah hati, akan memuluskan Nandang Sutisna meraih cita citanya. Saya salut kepada Nandang Sutisna sebagai seorang geologist di bidang perminyakan jebolan S1 dan S2 ITB, kini mengemban tugas sebagai ahli pengadaan di LKPP dengan prestasi yang memuaskan. Selamat dan sukses meraih cita cita untuk Bangsa dan Negara tercinta.

Willem Siahaya, M.B.A.
Pengamat Pengadaan/ Chairman EOG/ Dosen Pascasarjana Trisakti

Fast Learner. Dengan menggunakan logika dan kecerdasan, Nandang Sutisna dengan cepat menguasai permasalahan pengadaan. Menerapkan etika pengadaan dengan lebih baik akan menjadi bekal utama untuk menyongsong hari depan

Ir. Sutan S. Lubis, M.Sc.
Penyusun Perpres 54/2010 dan Direktur Monev LKPP
Foto Galeri
IPFE 2015
Bimbingan Teknis ULP
Bimbingan Teknis ULP
Forum Komunikasi IAPI 2015 - Pengenalan Pengurus Periode 2014 - 2017
Munas IAPI 2014
Munas IAPI 2014
Bimbingan Teknis APIP dan Biro Hukum, APKASI - 8 Mei 2014
Bersama ULP Kabupaten Ngawi - Bimtek Pengadaan Barang/Jasa 6 Mei 2014
MoU LKPP-AKASI
Kemitraan APIP - LKPP
 
Copyright 2014 nandangsutisna.com All Rights Reserved
Web Development by YOGYAweb.com