Profil

Nandang Sutisna, lahir dan besar di Bandung. Setelah menyelesaian sekolah dasar dan menengah, kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Jurusan Pendidikan Matematika. Namun hanya berjalan satu semester. Kemudian melanjutkan pendidikan pada Jurusan Geofisika, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan berhasil mendapatkan gelar sarjana. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Nandang Sutisna kemudian melanjutkan pendidikan magister di Program Magister Teknik Geologi ITB untuk mendapatkan gelar Magister Teknik.

Karir pertama yang dijalani adalah sebagai wiraswasta, kemudian beralih menjadi QC survei seismik di proyek-proyek eksplorasi migas PT.Pertamina dan terakhir menjadi asisten dosen dan peneliti di Laboratorium Volkanologi dan Geothermal ITB dan LAPI ITB.

Karena ketertarikan dalam bidang kebijakan publik, Nandang Sutisna kemudian beralih profesi menjadi PNS di LKPP. Suatu lembaga pemerintah yang memiliki tugas merumuskan strategi dan kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah. Ditempatkan pada Kedeputian Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah, membuat Nandang Sutisna memulai karir pengadaan sebagai advisor dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Mengenal pengadaan barang/jasa dimulai sejak menjadi konsultan Migas di Bandung. Sering mengikuti aanwizjing dan menyusun dokumen penawaran menjadi awal dari pengalaman dalam bidang pengadaan barang/jasa. Kemudian secara intensif terus berhubungan dengan pengadaan barang/jasa ketika bergabung di LKPP.

Setelah mengabdi menjadi PNS di LKPP, kemudian Nandang Sutisna memutuskan untuk berhenti sebagai PNS dan lebih fokus untuk menjadi konsultan dan trainer pengadaan barang/jasa. Untuk mendukung aktifitas sebagai konsultan dan trainer pengadaan, Nandang Sutisna kemudian mendirikan Idea Procurement & Logistik Center atau dikenal dengan Ideaprolog dengan nama resmi perusahaan PT. Ideaprolog Indonesia. Selain aktif dengan Ideaprolog, Nandang Sutisna juga menjadi Senior Manager pada PT. BBM Elang Shakti dan Direktur Program IAPI dan aktif sebagai Manajer Marketing di LSP Pengadaan Indonesia. Selain aktivitas sebagai advisor untuk tatacara pengadaan, Nandang Sutisna juga sering menjadi Narasumber untuk pelatihan dasar sertifikasi, pelatihan tingkat menengah, workshop pengadaan pada BUMN/BUMD, narasumber dan moderator seminar nasional, pendampingan paket pekerjaan strategis dengan nilai diatas Rp. 100 Milyar di lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD, sosialisasi kebijakan, menulis dan fokus dengan studi pengadaan di BUMN/BUMD.

Selain aktif sebagai narasumber, Nandang Sutisna juga beberapa kali menjadi Narasumber untuk kasus-kasus hukum besar di bidang pengadaan, baik pidana maupun perdata, termasuk persidangan di KPPU dan Arbitrase pada Instansi Pemerintah dan BUMN/BUMD.



NANDANG SUTISNA BLOG

nandang-sutisna

Public Procurement Trainer & Adviser

email nandang.sutisna@gmail.com
fb www.facebook.com/nandang.sutisna.524
twitter @NandangSutisna
linkedin Nandang Sutisna
wa 0811216663
Foto Galeri
IPFE 2015
Bimbingan Teknis ULP
Bimbingan Teknis ULP
Forum Komunikasi IAPI 2015 - Pengenalan Pengurus Periode 2014 - 2017
Munas IAPI 2014
Munas IAPI 2014
Bimbingan Teknis APIP dan Biro Hukum, APKASI - 8 Mei 2014
Bersama ULP Kabupaten Ngawi - Bimtek Pengadaan Barang/Jasa 6 Mei 2014
MoU LKPP-AKASI
Kemitraan APIP - LKPP
 
Copyright 2014 nandangsutisna.com All Rights Reserved
Web Development by YOGYAweb.com